Kamis, 19 Mei 2011

Waspada 4 Penyakit Penting Tanaman Karet

Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kalimantan Tengah Erman P Ranan melalui Kepala Bidang Perindustrian Perkebunan Listy Krispurwati

mengharapkan petani karet mewaspadai penyakit yang memungkinkan terjadi pada tanaman komoditi ungulan Kalteng ini.

Menurut Listy, terdapat 4 (empat) jenis penyakit penting pada tanaman karet meliputi, penyakit akar, penyakit bidang sadap, penyakit cabang/batang dan penyakit daun.

Jenis-jenis penyakit penting dalam tanaman karet ini telah disampaikan dan disosialisasikan kepada peserta yang mengikuti Pelatihan pengendalian Organisasi Penggangu Tumbuhan (OPT) Pada Tanaman Karet dan mitigasi Dampak Kekeringan Pada Areal Perkebunan yang berlangsung di Palangka Raya, baru – baru ini.

Dijelaskan, penyakit akar berupa serangan pathogen menyebabkan tanaman karet menjadi busuk dan umumnya pada permukaan akar ditumbuhi rizomorpha jamur. Gejala yang tampak, pada daun berubah menjadi layu, berwarna kusam, dan akhirnya mongering.

Kemudian, penyakit bidang sadap jamur akar merah memiliki kesamaan dengan penyakit akar. Namun yang membedakan, jamur ini diketahui menyerang pohon-pohon yang telah disadap yang memiliki umur cukup tua, karena jamur ini jarang terjadi pada tanaman karet masih muda.

Sedangkan penyakit bidang sadap, gejala penyakit kulit bidang sadap yang mudah terinfeksi p palmivora, akibat luka bakas sadapan , tepatnya diatas alur sadap. Pada tingkat awal, penyakit ini ditandai dengan adanya garis-garis vertikal berwarna hitam dan mudah diketahui bagi tenaga yang telah terlatih.

Penyakit selanjutnya, batang atau cabang. Penyakit ini bisa ditemukan pada percabangan atau bagian bawah percabangan ranting. Serangan ini ditandai dengan benang-benang mirip dengan benang laba-laba pada bagian cabang yang diserang.

Sumber : Tabengan, Jumat, 13 Mei 2011. Halaman 15.

Sumber gambar: http://1.bp.blogspot.com

1 komentar:

  1. mau tau gamabar penyakit pada daun tanaman karet, bagian yang lain sudah ada tapi pada daun saya cari tidak ada.
    terimakasih

    BalasHapus